Sabtu, 28 November 2015

IT’S ABOUT TO BEGIN #6



11 Agustus 2014

Sampai juga akhirnya di hari yang dinanti. Hari pertama rangkaian Pelatihan Pencerah Nusantara angkatan 3. Dari pagi semua orang sudah bersiap, berkumpul saling berinteraksi meninggalkan kamarnya masing-masing. Sebagian mencari kembali teammate-nya, sebagian mencoba berkenalan dengan yang lain di luar tim. Saya, melakukan keduanya. Tidak mau melewatkan momen...berfoto adalah kegiatan wajib dilakukan. Dan...inilah photogroup pertama kami, Tim Ogotua. Nantinya, di bagian cerita yang lain, saya akan menulis, mengenalkan keluarga kecil saya ini. 




Entah apakah sama yang saya rasa dengan teman-teman lainnya. Segera saya menyadari selama beberapa minggu ke depan di sinilah kami berada, di sinilah kami tinggal. Dengan orang-orang ini, yang masih sejenak saja bertemu namun sudah akrab luar biasa. Tegur sana-sini, tawa terdengar disana-sini. Membangun kekeluargaan, dengan senasib sepenanggungan nantinya selama bertugas. Bersama merekalah saya akan tumbuh bersama. Bersama mereka yang luar biasa. Dan siapa yang mengira ini adalah awal dari salah satu petualangan berharga kami. Tiga puluh lima pemuda, siap mencoba menyelami Indonesia lebih dekat. Kami, Pencerah Nusantara.

Masih hari pertama sudah rusuh kayak gini...
 
Ini hari pelatihan pertama, masih ada yang kami tunggu. Menunggu komando panitia kapan acara dimulai. Oya, kami sudah bertemu dengan para panitia, belum berkenalan secara resmi, tapi cukuplah tahu bahwa mereka juga yang akan kami repotkan selama pelatihan. Mereka terlihat keluar masuk ruangan pelatihan, tidak satu pun dari kami boleh mengintip. Ihh...penasaran.
Rupanya memang ada tamu besar yang tengah kami tunggu. Beliau Prof. Nila F. Moeloek, yang menjabat Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs. Beliau sendiri rupanya yang akan menyambut dan membuka pelatihan. Tak lama setelah kedatangan beliau, maka kami dikomando untuk mulai masuk satu persatu ke ruangan.

Panitia menyiapkan penyambutan kecil ketika kami mulai masuk ruangan. Berjajar rapi merapat dinding di setiap sisi ruangan,mereka bertepuk tangan riuh sambil mempersilahkan kami mengisi kursi di ruangan. Kami Tim Ogotua mengambil duduk berderet di salah satu lajur. Di dinding, terpasang spanduk bertuliskan “Pelatihan Pencerah Nusantara Angkatan III”. Di sisi lain dinding, dipenuhi tempelan kertas warna-warni bertuliskan nama-nama kami, berkelompok sesuai penempatan.
Seingkatnya, pelatihan dibuka. So, we are officially PENCERAH NUSANTARA. Terdengar heroik. Dan di hari-hari selanjutnya dan seterusnya selama pelatihan kami dipersiapkan agar pantas menyandang tanggung jawab itu.


Pertama kali ketemu langsung Prof. Nila F. Moeloek






Tiga super women "bidan" Pencerah Nusantara: Kak Nindi, Prof. Nila, Mbak Diah


Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar