Sabtu, 28 Juli 2012

Wisma Jiwa (part.1) : Welcome to RSJ


Ini adalah cerita jaman Pre Dietetic Internship (Pre DI) di Rumah Sakit Jiwa Dr.Radjiman Wediodiningrat, Lawang. Namun sebelum masuk ke cerita utamanya, gag bakal lengkap kalau belum didahului prolog-prolog pengantarnya…Maka cerita ini akan diawali dari saat-saat pembekalan Pre DI, masih di kampus saja.
Pre DI, di Jurusan Gizi sama halnya dengan tahapan pre klinik untuk tenaga kesehatan lain seperti dokter maupun perawat. Ada 3 rotasi: FSM (Food Service Management), komunitas, dan klinik. Keseluruhan tahapan Pre DI ini diawali dengan pembekalan yang sebenarnya merupakan penjelasan tata aturan main selama Pre DI, refresh pembelajaran sebelum-sebelumnya, sekaligus waktu untuk mempersiapkan apa-apa yang dibutuhkan di lahan praktek nantinya. Untuk pembekalan Pre DI FSM, ingatan kami direfresh kembali dengan materi-materi. Pembekalan komunitas, maka kembali berkutat dengan penyusunan kuesioner. Pembekalan klinis, lebih kepada teknis penugasan-pembelajaran dan pengarahan etika saat berada di rumah sakit.
Kami juga dikelompokkan. Bersama Yongky, Ega, Dian, Fatin, Tata, Aili, Lutfi, Che-che, kami ber-9 sekelompok untuk Pre DI FSM di RSJ Lawang (Spv: Mbak Eva). Pre DI komunitasku, masih dengan Yongky, ditambah Dini, Reni, Bonita, Anies, dan Rocky di Puskesmas Jabung (Spv: Pak Fajar). Sedangkan Pre DI klinik (Alhamdulillah) mendapat penempatan di RSSA >>emang pingin dapet di sini (Spv: Bu Inggita).

Gerbang masuk...asri banget...berada di wilayah yang sejuk

Oke! Cerita ini tentang Pre DI FSM di Rumah Sakit Jiwa Dr.Radjiman Wediodiningrat, Lawang. Hwii…
Seneng-seneng gimana~ gitu dapet lahan di sini. Knapa? Menurutku ini lahan paling seru!! Dari segi jarak lumayan jauh (dari rumah. jarak tempuh sekitar 1 jam), sasaran (bukan orang biasa, tapi luar biasa! Orang sakit jiwa meeeenn~), dari situ aja udah excited banget nih. Jadi saya termasuk bersyukur dapat lahan di sini, bukan di tempat lainnya. Tapi ada juga horror-nya.. what? Konon kabarnya niihh…belum ada yang berhasil dapat nilai bulat A dari RSJ ini (T_T) Okelah! Kami sekelompok sepakat: angkatan kita bakal jadi yang pertama dapet A dari RSJ!!! <tekad> <dan ternyata masih banyak kejutan lainnya…haha>

Kami mulai bergerilya cari kosan. Berangkat bareng dari kampus nebeng pake mobilnya Ega. Berangkatnya Ega nyupir <tp trus Tata jadi agak mabuk gitu, akhirnya pulangnya disupirin oYong>. Kami brangkat santai-santai aja, ngobrol2, nyanyi2, menikmati perjalanan, sempat mampir beli jajan <sumpah kayak mau piknik keluarga>. Satu yang kami tau dari perjalanan bersama untuk pertama kalinya ini: Lawang iku adoh timen yyaaa???
Singkatnya, begitu sampai kami agak kesulitan dapat kosan yang masi bisa nampung kami dan cucok, cz kebanyakan sudah penuh, banyak juga mahasiswa dari manamana yg prakteknya di RSJ. Alhamdulillah Lutpi punya kenalan pegawai RSJ yang mengantar kami ke rumah Bu Ita (Bu Ita ini ahli gizi RSJ yang ambil S1 di UB). Setelah diajak mampir Instalasi Gizi RSJ dan ketemu beberapa ahli gizi di sana, langsung deh meninjau calon kosan: Rumah Bu Ita. Sekali lihat, nyaman banget. Asik tempatnya, walo gag besar, sudah cukup luas banget buat kami, buat kerja tugas, buat masak-cuci, dll. Ditambah oYong juga sudah terjamin dapat tempat buat cowok sendiri. Asiiikk…seneng deh.

Hari pertama masuk kosan, aku berangkat bareng Che-che yang dianterin umi dan beberapa adik2nya. Berangkat pagi, siangnya tidur2an bentar, nunggu turunnya hujan agak bersahabat, cz sorenya kami mau kondangan ke walimahannya Mbak Maya <barakallah mbaak…>
Begitu hujan tinggal rintik, berangkat deh aq bonceng Che-che. Ups…kelepasan jiwa pembalapnya keluar selama perjalanan (maap ya Che-che >_< emang gitu, susah deh kalo udah jadi ‘adek’nya Casey Stoner :p). Pulangnya kondangan dah malem balik di kosan Lawang. Sudah full team nyampek di kosan. Siap2 deh buat besoknya hari pertama ‘masuk kerja’.

The Team

Hari pertama. Yaah…namanya juga orang2 baru, jadinya rada2 culun gitu pake jas almamater semacam tak tau harus kemana. Kami siap2 aja di dekat ruangan tempat pembekalan sekaligus penerimaan mahasiswa praktek. Gag cuma kami yang bakal ‘diterima’, banyak juga yang lain: perawat, farmasi, dll dah pokoknya calon tenaga kesehatan D3, S1 tumplek blek sama-sama mengalami hari pertama seperti kami.
Penerimaan pagi itu diawali dengan penjelasan tentang asal-usul RS, bicara sejarah… lalu beberapa sambutan dari pihak dosen pendamping, dan dari pihak RS. Setelah selesai, kami diantar secara resmi ke Instalasi Gizi. Tempat kami selama 2 minggu ke depan. Kami dikenalkan pada Kepala Ins.Gizi, ahli gizinya, (yang beberapa juga lulusan Gizi UB). Kami dijelaskan mengenai tugas-tugas dan pembagian shift kerja kami. Kami diajak, dikenalkan kepada semua pekerja di ruang produksi, orientasi awal pada bagaimana segala hal bekerja di sana. Lebih lengkapnya ini ada oleh-oleh gambar struktur Ins.Gizi.


Apa tugas kami di sana? Banyak pastinya. Yang itu dibagi bersembilan. Evaluasi menu, sistem pembelian-penerimaan-penyimpanan, sistem produksi-distribusi-pelayanan, manajemen financial, manajemen SDM, sistem manajemen keamanan makanan, manajemen layout-alur kerja-waste disposal, evaluasi fasilitas dan peralatan, HACCP. Itu tugas individu. Ada lagi tugas kelompok: survey kepuasan karyawan, survey kepuasan konsumen, penyuluhan, juga plate waste study. Seru T_T
Tiap harinya kami dibagi 2 shift: pagi (05.00 – 13.00) dan siang (08.00 – 16.00) dengan jatah sehari libur dalam satu minggu untuk setiap orang. Dan kebetulan aku jadi orang yang paling sering dapet shift pagi!! Buang sudah harapan bisa sedikit bangun kesiangan…

Jadi, singkatnya begini. Kami punya double job: dari kampus (tugas individu dan kelompok itu, yang pengerjaannya tersupervisi), dan berperan pula sebagai sebenarnya pegawai di instalasi gizi (dapet shift kerja dengan tugas2 sesuai shiftnya tentunya, dari mulai produksi hingga pelayanan). Seru T_T

and You know what…??? Sebenernya aku sama sekali gag ngerti what should I do??? I just tried to enjoy my work, not knowing whether this is actually my job or not, whether it’s a part of assignment or not. I just…want to enjoy this. >_<

dan pastinya,
secara gag langsung ini mengubah ritme/siklus hidupku. Langsung berubah drastis, mengadaptasi rutinitas baru. Bangun rata2 jam 04.00. itu sudah kesiangan buatku, cz mandiku lama. Berangkat ke RS, makan siang, pulang, tidur (hawanya sumpah mendukung banget!), bangun ashar atau pas shift siang sudah pulang, “kriyip-kriyip time”, ngobrooolll sampek maghrib yang jarang saja diselingi kerja tugas (masi capek), dari maghrib-isya adalah sesi ibadah…serunya nih kami hampir selalu jamaah (hehe…kan ada yang ngimami >> Ukhti Tata), ba’da isya adalah saatnya panggil oYong untuk makan malam bersama. Setelah makan biasanya ada sesi bebas dulu seelum mulai beneran kerja nyicil tugas. Indahnya… so sweet banget dah kelompok RSJ-ku ini… (bagemana pol-polan serunya kelompok RSJ, kayaknya perlu diceritain jadi 1 part sendiri ^_^)

Nantikan serunya ketemu penghuni RSJ di part 2, siapkan tawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar