Jumat, 04 Februari 2011

PBL : Cara Cepat dan Efektif Eksploitasi Mahasiswa

Pernah gag, bikin status di FB semacam : “Hwaa....Log Book ku diisi apa yaa...??”, atau “Duh! Ni skenario susah amet sih, gag nemu sumbernya”, atau “Log Book...oh...Log Book...”

Atau...buat adek-adek tingkat, pernah gag denger kakak tingkatnya yg semester 5 ato 6 bilang: “LO kelompokmu berapa? KelompokQ dapet sampe 20”, atau “...tadi masi PBL, jadi ga bisa bales sms...”, atau “Jangan sekarang ya ketemunya...masi ngerjain laporan skill lab”

Hahaha... :D
Log Book, skenario, LO, skill lab...itu semua adalah istilah-istilah yang gag akan asing lagi kalau teman-teman semua sudah kenal dan mengalami apa yang dinamakan PBL. Sebenernya, se-serem apa sih PBL itu?

PBL (Problem Based Learning) atau diterjemahkan jadi “pembelajaran berbasis masalah” (Emg, ada apa dengan masalah? Kog perlu dipelajari segala? Hhe...=_=a). PBL adalah suatu sistem yang bertujuan untuk mengarahkan pada pembelajaran mahasiswa aktif. Jadi yang aktif di PBL itu mahasiswanya, bukan dosen atau fasilitatornya. Beda banget sama kuliah konvensional yang mahasiswa biasanya datang, duduk, dengar dosen cuap-cuap, kerjakan tugas, ujian, SELESAI... Di PBL gag bisa hanya duduk dan mendengar...anda harus BERBICARA. Karena anda akan dinilai selama proses diskusi dalam kelas.
Ngomong-ngomong soal penilaian, ini nih...apa-apa aja yang dinilai selama proses diskusi PBL : persiapan, partisipasi, komunikasi, berpikir kritis, berperilaku profesional

Di PBL teman-teman bakal dapet yang namanya skenario. Skenario ini adalah semacam kasus yang sesuai dengan blok-nya apa (klinik, komunitas, atau FSM). Kadang di skenario ini anda akan diminta untuk membuat/menyusun sesuatu yang sesuai dengan kompetensi (ahli gizi).

7 jump in PBL
Maksudnya adalah langkah-langkah dalam PBL, ini yang akan terjadi dalam proses diskusi...
  1. Mengartikan kata-kata sulit
  2. Mendaftar masalah
  3. Brainstorming
  4. Menyusun hipotesis
  5. Menyusun Learning Objectives (LO)
  6. Belajar mandiri
  7. Melaporkan hasil belajar mandiri

Jadwal
Kalo kemarin waktu semester 5, jadwalnya seperti ini:
Jumat    : DK 1 à waktunya dapet skenario (liat 7 jump, di DK 1 ini yang dikerjain 1-5)
Senin     : DK 2 à meninjau kembali hasil DK 1 setelah belajar mandiri
Selasa   : DK 3 à waktunya Log Book dinilai
Rabu      : Skill lab
Kamis    : Pleno, kumpulin laporan
DK itu maksudnya diskusi kelompok

Oya, sekedar tau waktu diskusi itu ada yang namanya :
Fasilitator  : orang yang menilai mahasiswa selama diskusi (dosen kita tercintaaa....)
Chair         : adalah pemimpin diskusi
Scriber       : anggep aja sekretaris/notulen, tugasnya nyatet semua omongan temen2nya


Tips ‘n Trik menjalani PBL...

Waktu PBL mahasiswa akan dikelompokkan dalam kelas-kelas diskusi kecil, bisa dibilang teman-teman satu kelompok ini lah teman hidup anda selama satu semester penuh (lebayyy...). Jadi, kenalilah dengan baik teman-teman seperjuangan anda ini, jangan sampai hubungan interpersonal yang tidak baik berpengaruh sampai ke kelas. Kalau itu sampai terjadi...wah...dijamin menderita selama satu semester (whoooaaaaa.....!!!!). Kalopun memang ada yg ngga sreg, mending diomongin aja daripada nanggung efek jangka panjang (nah lo...)
Ada lho yang bilang “...dalam hidup selalu ada pilihan antara menikahi orang yang dicintai atau mencintai orang yang dinikahi. Yang pertama hanyalah kemungkinan, sedangkan yang kedua adalah kewajiban.” (Lhoh...lhoh...lhoh...dari PBL kog ke nikah-nikahan? Hahaha....silahkan esensinya yang diambil, digeneralisasikan sendiri) Maksudnya kalau sudah dikelompokin, berarti mau gag mau bakal ketemu sama temen-temen yg itu2 aja kn, hampir tiap hari, selama PBL. Jadi ya disyukuri sajalah...jalin kerja sama yang baik supaya sama-sama enak...sama-sama nilainya bagus...sama-sama sukses PBL (katakan: Amiin...) ^_^

Hari Jumat DK1 jangan lupa bawa kamus (kamus apa aja! Pokoknya kalo nemu buku/lembaran yang itu isinya istilah-istilah dari planet lain trus ada penjelasan arti kata itu...bawa aja!). Bawa minimal 2, biar dapet nilai persiapan 5 (hahaha...). Saran...waktu mendaftar masalah dan brainstorming...berpikir kritislah! Maksudnya, cari sebanyak-banyaknya masalah yang ada di skenario asal itu tidak melenceng atau terlalu luas. Atau kalau tidak, anda tidak akan banyak belajar.

Sebelum hari Senin datang, ini adalah waktu mencari referensi sebanyak-banyaknya, waktunya anda belajar sebanyak-banyaknya. Yang perlu diingat adalah, jangan hanya fokus untuk menjawab LO, cari juga kemungkinan-kemungkinan lain yang berhubungan dengan skenario dan mungkin perlu untuk didiskusikan. Karena waktunya cukup panjang, jadi jangan malas untuk mulai menulis apa yang anda dapat di Log Book, daripada berlambat-lambat nanti akhirnya akan kelabakan di hari Senin karena hari Selasanya Log Book akan dinilai, gag mau kan...begadang mpe malem atau pagi... (Waduw!!Ini bener-bener tips terutama buat penulis sendiri...males buangettt nulisi log book banyak-banyak...hahaha)

Hari Selasa DK3, yang terjadi hari ini adalah: Log Book dinilai (pastinya), biasanya fasilitator akan mengumumkan skill labnya pada hari ini. Hari Selasa adalah akhir diskusi kelompok (secara formal), tapi gag jarang ada materi diskusi yang belum clear dibahas, jadi...(sekedar saran) jangan buru-buru pulang setelah DK3 berakhir karena sebenernya masi banyak banget yang perlu dikerjakan. Pertama: nge-list LO-LO baru yang mungkin muncul saat diskusi, kalo mungkin dibahas bareng walo tanpa fasilitator. Kedua: bahas skill lab untuk esok hari, skalian estimasi kira-kira perlu nyiapin apa aja buat skill lab. Ketiga: bagi tugas buat ngerjain laporan.

Sekilas tentang laporan PBL...
Yang namanya laporan itu bisa jadi ngerjainnya lama cz bahasannya/brainstormingnya banyak. Tugas ini jangan hanya dibebankan ke scriber...(kasian banget tuh si scriber...bisa nangis dia ngerjainnya T_T à pengalaman pribadi, kecuali nangisnya) Semua anggota kelompok harus ngerjain bagiannya masing-masing sebaik-baiknya dan selesaikan tepat waktu lalu serahkan ke bagian finishing secepatnya, jangan ngaret!!!

Kalau anda jadi scriber...selama diskusi jangan makan gaji buta (apa itu maksudnya???) Bener2 catat omongan temen2mu dengan baik, kalo ngomongnya kecepeten jangan ragu untuk interupsi. Kalo emang omongannya susah dimengerti bin mbulet atw terlalu ilmiah (hehehe...). Catet intinya aja ga pa pa deh. Pokoknya jgn sampe ada yang kelewat, ingat! Setiap pendapat teman yang keluar itu dinilai oleh fasilitator.
Kalau anda jadi chair...jadilah chair yang baik, efektif dan efisien. Pertimbangkan ada batasan waktu dalam diskusi jadi jgn ngotot bahas 1 masalah sampe lama, kalo dah menthog, ya sudah...jadi LO saja. Lalu...berilah kesempatan yang rata untuk berpendapat, ini bermanfaat untuk menggali semua info yang didapat oleh anggota kelompok. Saran, mending disepakati dulu aturan diskusinya, semacam: kalo mau ngomong ngacung dulu, supaya semua dapat giliran berbicara.
Kalau anda jadi anggota biasa (bukan chair/scriber), be active! Keluarkan semua yang anda dapat supaya teman-teman sekelompok anda sama pahamnya dengan anda.

Hari Rabu waktunya skill lab. Biasanya saat-saat ngerjain laporan juga. Jadi...jangan lupa bawa laptop di hari ini cz biasanya 1 kelompok bakal ngerjain laporan bareng. Kecuali kalo kesepakatannya lain.

Hari Kamis pagi adalah saat yang paling mendebarkan...waktunya undian kelompok mana yang bakal maju mempresentasikan hasil diskusinya...begitu kuliah pleno ini berakhir...inilah WAKTU BEBAS ANDA...hahaha...

PBL...
ternyata gag serem, biasa aja (kalo bisa melihat dengan sudut pandang positif). Dan soal pertanyaan di atas, knapa masalah perlu dipelajari? Karena hidup ini penuh dengan masalah. Kalo diam tentram tanpa masalah, gag berasa hidup. Kita belajar dari masalah, untuk tau sebabnya, untuk tau bagaimana cara menyelesaikannya. Untuk mengevaluasi kekurangannya, agar tidak melakukannya dengan cara yang sama (bila itu ternyata cara yang salah).

Yah...itulah sedikit cerita tentang PBL...tiba-tiba aja pengin nulis, jadilah notes ini. Lumayanlah untuk mengingat kembali jaman-jaman begadang ngerjain laporan, nggembel jaya di kampus ngerjain skill lab (Semoga semester 6 nanti gag kayak gitu lagi). Jadi nanti suatu saat kalo Q ditanya...soal kuliah di gizi...ada sesuatu yang bisa jadi cerita.

Buat kelompok PBL semester 5 kuu...kelas E...
ayu.buncu.anik.hanif.hipi.inek.melia.nike.and special guest star: tata. Trims untuk semua kerja samanya selama satu semester kemarin. Trims mau bersabar dengan aku yang mbulet bin GeJe. Bakal kangen saat-saat nggembel di GM lagi. Haha...ojok dibaleni rekk!!!
Kita sekelas lagi gag yaa...

Excellent-Elegant-Expert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar