Kamis, 11 Oktober 2012

SPECIAL TRIP TO DEPOK (part 1)


September-Oktober tahun ini akan ku kenang sebagai Perjalanan Hati buatku. Dan berikut ini hanya secuil catatan perjalanan saat aku berkesempatan ke Universitas Indonesia, Depok.

Berawal dari kerja bareng Khairizka Citra Palupi (Cicha) di proyek LKTI Nutrition Expo UI. Yang temanya tentang MDGs…so…di balik layarnya waktu kerja KTI ini lumayan juga nih belajar lagi buka-buka arsip data capaian MDGs yang kayaknya hampir berdebu di laptop. Hehe…
Kurang lebih selama puasaan Ramadhan tahun ini di sela-selanya ada waktu untuk kerja proyek ini. Sempat disarankan buat survey pendahuluan oleh pembimbing kami, Bu Nia. Alhamdulillah terlaksana juga pasca lebaran…pengerjaan lancar, sampai dikirimkan ke panitia. Tunggu pengumuman.




LOLOS 3 BESAR!!! Alhamdulillah… itu artinya harus segera siap-siap bikin presentasi yang bagus and segera cari tiket ke Jakarta!!! And wait…rugi banget udah di Jakarta cuma presentasi lomba doang?? Cari kegiatan lain yang bisa bawa manfaat. Dan ternyata di rangkaian Nutrition Expo-nya AKG UI (Asosiasi Keluarga Gizi Universitas Indonesia) ini ada Seminar Nasionalnya juga. Good…Alhamdulillah ada kegiatan nambah ilmu yang bisa dimanfaatkan. Agenda segera disusun. Di sela-sela ngurus sisa-sisa urusan kampus (all about wisuda dan pelepasan), notes A LIST TO DO sudah diisi dengan kegiatan: bikin presentasi, sms-an ma CP seminar, pinjem kameranya Lynne, sms-an ma Cicha, ke bank bayar seminar, pesen tiket KA malang-jakarta PP, meet someone yang bukunya mau ta’pinjem buat sangu dibaca di kereta, and belanja beberapa keperluan buat persiapan ke Jakarta. Tanggal 25 September 2012, di akhir hari itu sudah bayar seminar, tiket sudah di tangan. Berangkat Rabu, 3 Oktober 2012 jam 14.50 dari Stasiun Kota Baru Malang, jadwal sampek Stasiun Pasar Senen hari Kamis, 4 Oktober 2012 jam 09.10, presentasi di Ruang Apung UI Depok hari Jumat, 5 Oktober 2012 jam 08.00. SIIP!! Calling Cicha minta penampungan sementara selama aku di Depok City… ^^ thanks

Satu pelajaran yang aku dapet selama ngantri tiket KA: pelayanan publik sudah lebih baik. Pemesanan tiket sudah mudah, teratur dan terkontrol (walopun masi ada yang perlu diperbaiki lagi…), di setiap stasiun sudah ada tempat charger gratis, toilet ponten juga gratis and relatif bersih. Saya optimis Indonesia punya harapan di masa depan. Arahnya sudah ke sana…ke arah perbaikan.

picture by kompas citizen image


Singkatnya,
Datang juga harinya aku akan berangkat ke Jakarta. Masih 2 Oktober 2012. Masih sempat riweuh di kampus ngurus Pelepasan, sorenya sambang Sella yang baru jatoh dari motor (kaki lecet, kepala benjol), ngobrol mpe isya’ celotehan bareng nak sukun yang ikud jenguk Sella, malamnya masih perlu begadang and sempat dibuat sebel cz adaa aja yang belum ngumpulin data buat pelepasan walopun dah lewat deadline. Fiuhh…untungnya masih sempat dibuat tidur, dan sudah bisa kirim data pelepasan ke Sella.

Tanggal 3 Oktober 2012
Paginya masih packing and ngecek jangan sampek ada yang ketinggalan. Jam 13.00, baru balik ke rumah setelah ngirim paketan lamaran kerja ke salah satu RS di Jakarta, sempat nengok ada berita buruh yang demo nolak tenaga outsourcing ‘n pipa pertamina yang bocor…ahh…sudahlaah. Mandi, dan akhirnya berangkat ke stasiun. Naik taksi yang perlu-perlunya pula mogok di tengah jalan, akhirnya ganti angkot. Nyampek stasiun 10 menit sebelum kereta Matarmaja berangkat. Checking tiket+KTP ke petugas peron, buru-buru naik gerbong 1, cari seat 19A. Ketemu! OK!
Waktu naik, gerbong 1 masih sepi. Yang paling deket dari tempat aq duduk ada si mas di seat 17 (gag nanya namanya) yang kerja di Stasiun Kota Lama, asli Jakarta, ‘n sekarang mo pulang. Sempat ku titipi tas gedhe-ku pas kutinggal turun bentar buat ambil wudhu lagi (wudhu-ku batal gara2 pak penjaga pintu peron yang ngecek tiketku untuk kedua kalinya…huh). Selain itu ada sepasang kakek-nenek di seat 18 yang mau balik juga ke Depok, nengok cucu, turun juga di Pasar Senen. Asiik…dapet temen ngobrol walo bentar. Selain itu juga naik satu orang yang jualan official poster Arema. Satu-satunya Arema korwil KA katanya…hehe… khas banget deh Aremania nii… dan setelah itu petugas KA dateng ngecek tiket di atas gerbong, sebelum kereta (akhirnya) benar-benar berangkat. Dadag…Malang…

Kereta dah satu jam tolak dari stasiun kota baru Malang. Si mas kotaLama sudah asik dengan earphone-nya, si kakek sudah asik liat pemandangan di luar jendela kereta, si nenek sudah asik ngaji. Makaa…aku asik baca buku Traveler’s Tale, buku pinjeman dari Anna Rakhma. ^^ (akhirnya buku ini habis kulahap dalam tempo 6 jam, dari jam 3 sore mpe 9 malem)

Berhubung berangkat dah mepet waktu ashar, dan waktu masuk ashar dah masuk kereta, skalian deh sholatnya pake tata aturan sholat safar. Dari sholat ashar mpek isya’ gitu. Yang rada aneh pas sholat isya’, pas kereta dah penuh, termasuk di seat 19 ABC dan 20ABC yang total ada 6 orang (3-3 hadap2an). Di depanku ada 2 anak kecil imut banget…ngliatiiin…aja pas aku sendakep, nunduk, tegak, nunduk lagi. Dipikirnya tu anak, lagi ngapain nih orang…(?) Ini lagi sholat dek… ^^

Si adek-adek ini namanya Dean (kelas 3 SD) dan adiknya Rafi (umur 4 tahun). Mereka berdua bareng ibunya naik kereta mau pulang ke Tangerang setelah liburan di rumah Neneknya. Si Dean ini kayaknya penasaran banget liat aku baca buku…nanya, “Itu buku apa kak”, dengan logatnya yang sudah gag Jawa lagi walo kalo diliat dari naiknya tadi dari stasiun Ngunut, setelah Blitar. Yah mungkin besarnya sudah di daerah ibukota, jadi logatnya dah gitu deehh… Maka kujawab, “Ini buku cerita”, dan si Dean gag perlu ku certain kalo tu buku isinya ngena banget buatku kan? Gag perlu juga aQ cerita kalo sambil baca, aku nancepin headset ke kuping dengerin lagunya Sheila on 7 yang bikin suasana semakin mencelos… =_=a

Si Dean buka suara lagi, “Wah…ada gambarnya…”

Saat itu juga aQ putuskan…ni anak asik nih…ajak ngobrol ahh…lepas headsetnya…

“Iya, ada gambarnya. Ini gambar di luar negeri lho~ kalo Dean suka baca buku juga/gag?” senyum

“Dean suka cerita jugaa……ceritanya nabi-nabi,”

“Oya?? Siapa yang ceritain?? Di sekolah ibu guru cerita ya??” mulai deh aku nyerocos…

“Dean baca bukunya…ada gambarnya bagus-bagus,”

“Huhm…coba ceritain mbak dong, Dean suka cerita nabi siapa?”

“Nabi Daud, Nabi Isa, Nabi Ibrahim…”

“Gimana ceritanya?”

“Kalo Nabi Ibrahim buat perahu besar…soalnya ada banjir besar,”

“Kalo Nabi Daud?”

“Huhm…huhm…huhm…” oke deh…ni anak baca buku kisah 25 nabi-nya belum tamat kayaknya…

“Kalo Nabi yang pernah dimakan ikan, Nabi siapa?”

“Huhm…huhm…huhm…”

“Siapa hayoo…? Nabi Yusuf apa Nabi Yunus yang pernah masuk ke perut ikan gede?”

“Huhmm…Nabi Yusuf…”

“Masa’…? Bukan Nabi Yunus? (diam sejenak) Yang pernah masuk perut ikan Nabi Yunus lho…kalau Nabi Yusuf yang pernah dimasukin ke sumur sama saudaranya…”

Dan si Dean mulai manggut-manggut…eh…selama ngobrol ma kakaknya, si Rafi ngLiatin aja…

“Naah…Rafi suka cerita juga? Sudah bisa baca/beluum?”

Rafi geleng kepala, dan pertanyaan itu dijawab ibunya

“Belum bisa baca, kak…ini kakaknya yang suka cerita ke adiknya, ngajarin adiknya..” ada nada bangga di suara si ibu, gesturnya juga sepakat

“Waah…pinter dong kakaknya mau ngajarin adiknya…” senyum

Ya! Aku selalu cenderung suka cerita kakak-adik. Ikut bangga kalau ada kakak yang ngayomi banget ke adiknya. Sekilas jadi inget Gita-Manda, adek-adekku di Watugedhe. Dari Dean-Rafi ini aku tau Dean kakak yang baik. Selama perjalanan dia ngalah tempat buat adiknya. Waktu adiknya dah ngantuk hampir tidur dan udah rebahan di pangkuan ibunya, si Dean mulai semakin merapat ke arah jendela. Kasian ni anak…kecepit.
Semakin malam, si ibu juga semakin ngantuk. Rupanya si ibu kasian juga ke anaknya tidur gag nyaman nekuk-nekuk gitu…maka…mulailah si ibu gelar koran di antara bangku yang hadap-hadapan itu, turun dari tempat duduknya memberi ruang buat anaknya, menidurkan bungsu seenak-enaknya dia tidur. Si sulung kusuruh pindah duduk di sebelahku. Oya! Di sebelahku lagi ada mas seumuran aku juga (atau lebih muda) yang mau turun di Bogor. Maka Dean ada di antara aku dan si mas itu.

Semakin malam, si ibu sudah memutuskan akan tidur…dan yang berikutnya beliau lakukan adalah…menggelar korannya lebih lebar dan panjang…lalu…rebahan di situ…di bawah…
Yaah…aku tau si ini pengorbanan seorang ibu. Tapi…jadinya kan aku yang gag enak ma si ibu…duduk di atas, udah ngantuk juga, maksud hati pingin kaki dilurusiin..gitu. Capek dah duduk berjam-jam dari sore. Tapi apa daya di bawah ada si ibu…jadilah ku mencoba merem-meremin mata, kepala disandarin ke dinding kereta, sambil kaki kutekuk ke atas. Pegel juga ni kaki aslinya. Dan mungkin karena si mas yang di sebelahnya Dean merasa sungkan juga ke si ibu, akhirnya si mas berjaket merah itu pindah cari tempat duduk kosong…
Oke deh…akhirnya tempat yang tadinya diduduki si mas, sekarang dibuat selonjoran sama Dean. Begitu sampai pagi.
Kereta berhenti di setiap peron stasiun yang disinggahi. Nambah penumpang, nambah asongan…Waktu di stasiun Madiun, kereta ganti lokomotif. Berhenti lamaaaa….banget. Dan sebagai catatan…setiap kereta berhenti…udara dalam gerbong jadi panaaasss.

Tentang asongan. Actually, aku lebih mudah tau bahwa kereta sudah pindah wilayah…dari asongannya. Dari aksen mereka, dari apa yang mereka jual, dari cara mereka menawarkan dagangan…alhasil…musik utama malam itu didominasi oleh vocal-vokal semacam:

Mijon…mijon…mijon.. (sebenarnya yang dimaksud adalah salah satu merk minuman kemasan yang beberapa waktu lalu sempat jadi controversial itu~)

Kopi…kopi…energen…nescoffe…mas..kopi..kopi…jahee…yang angett…mas, mbak, bu, pak…

Yaa…oleh-olehnya…satu lagi yang baru…wingko…wingko…buat oleh-oleh bu…

Satu lagi…boleh dilihat-lihat dulu…satu paket 10 ribu isinya macem-macem…ya bisa dilihat-lihat dulu ya.. (yang model gini biasanya pedagangnya segera bagi-bagi barangnya. Macem-macem! Bisa buku, bisa perlengkapan dapur…Macem-macem!)

Pagi datang, masi aja di Jawa Tengah. Ni gara-gara semalem berhentinya memang sempat lama benget di setiap stasiun. Mataku bener-bener baru melek maksimal waktu nyampek stasiun Tegal. Oke, cemilan tinggal yang pedes-pedes, sementara air di botol minum ijoku dah habis maksimal…so, ayo doong…cepet nyampek.

Kereta terus melaju…tak lama setelah itu sudah tak kudengar aksen-aksen medhog, kecuali dari penumpang yang aku tau mereka naik dari daerah lebih timur. Stasiun Cirebon sudah lewat… sebentar lagii…

Stasiun Pasar Senen, jam 10.14… FINALLY…kakiku melangkah di peronnya.


sumber gambar: dok pribadi, kompas, wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar